Busi
Komponen kecil ini merupakan komponen penting pada mesin motor. Ternyata kata busi itu sendiri berasal dari bahasa Belanda yakni Bougie.
Seher
Komponen yang aslinya disebut piston ini berasal dari bahasa Belanda yaitu Zuiger. Kata yang seharusnya dibaca swiher ini menjadi seher ketika diucapkan oleh lidah orang Indonesia.
Laher
Komponen dengan nama lain Bearing ini sering disebut ketika salah satu roda motor bermasalah. Seperti contoh, "Laher rodanya sudah kena nih". Istilah pada komponen ini juga datang dari Belanda yaitu Lager.
Noken As
Komponen ini disebut Camshaft. Namun saat zaman Belanda, komponen ini disebut dengan Nokkenaas. Alhasil komponen inipun disebut Noken As. Komponen ini berfungsi untuk mengatur waktu membuka dan menutup klep sehingga klep bisa teratur pada saat motor bekerja.
Kruk As
Istilah ini datang dari bahasa Belanda yakni Krukaas. Maka komponen inipun kerap disebut Kruk As. Namun bahasa globalnya dinamakan Crankshaft.
Kiprok
Istilah komponen ini agam unik ceritanya. Menurut Sarwono Edhi dari Astra Honda Training Center, istilah Kiprok muncul karena dulunya komponen ini terbuat dari tembaga yang disebut Cuprum. Entah kesulitan menyebut atau bagaimana, komponen yang aslinya disebut Regulator/Rectifier (RR) ini akhirnya disebut kiprok.
Sepul
Salah satu komponen pada mesin ini tentu sudah familiar. Sepul yang berasal dari bahasa Belanda yakni Spoel ini merupakan generator mini dari gulungan tembaga yang mampu menghasilkan daya listrik. Biasanya daya listrik ini akan juga disimpan di aki untuk keperluan lampu dan klakson.
Keteng
Istilah komponen ini datang dari Belanda yakni Keten yang berarti rantai. Tapi di Indonesia sendiri nama rantai keteng melekat sebagai rantai yang berada di dalam silinder head.
Komentar
Posting Komentar