Daleman Block mesin coklat


Bongkar mesin  yang sudah beroperasi lumayan  lama  biasanya   diwarnai pemandangan daleman block mesin  yang  coklat  ke hitaman biasanya anggapan  karenan memang sudah berumur dan  sirkulasi  oli kotor selama kurun waktu pemakaian  ,  hmmmmmm  namun  ada  pula  lho  yang  saat  dibongkar  masih  bersih  , dasaran warna  metal  block  tetap   ke abu abuan. kebetulan saya sedang bongkar  shogun milik  teman saya  yang  telah  berumur  & so far so fine  ,  shogun  dia  halus  meski  sudah  tua  ,  namun  saat  saya  bongkar  ternyata  dalemannya  coklat  merata  ,  di  beberapa  kasus   pembongkaran  mesin  yang  saya  lakukan   ada  juga  yang  daleman  mesinnya   tetap  bersih  ke abu abuan. sekedar  info  aja   Djeng Tina  saya  ini  sedari riwayat pemilik sebelumnya , meski  mesin  tua   namun  memakai  Oli  kelas  lumayan  mahal   , karena   spec   mesin  Hidrolic Lash Adjuster  lifter valve  nya  yang  mengharuskan  memakai  oli  dengan  viscositas tertentu  &  bersifat  encer  yang biasanya  terdapat dalam  kandungan  oli  oli  sintetic  , sebut saja  oli  yang  biasa  diminum  Djeng tina  adalah Castrol  Magnatec ! yang  dalam  iklannya  mempunyai  molekul  molekul  super  yang  bisa  melapisi   dinding dinding  mesin dengan lapisan  film ,       namun saya  kaget  ketika  melihat  isi  daleman mesin  coklat  seperti itu  …….


Komentar