Daleman mesin alias Engine Cut All New Satria F150 Fi tahun 2016

Mengusungmesin baru 150cc berteknologi Fuel Injection canggih dipadu dengan Dual Spray Injector yang dikendalikan secara otomatis oleh ECM (Electronic Control Module) yang berperan sebagai otak dari sistem Fuel Injection.
Konstruksi mesinDOHC (Double Overhead Camshaft) 4-valve single cylinder yang menjadi ciri khas Suzuki Satria F150 juga diperbaharui dengan valve setting angle yang lebih rapat dan valve diameter yang lebih besar sehingga menyerupai konstruksi mesin motor balap.
Penggunaan piranti radiator berukuran paling besar di kelasnya berguna sebagai sebagai liquid cooling system All New Satria F150.


Diperkuat dengan throttle body berukuran besar hingga 32 mm, lazimnya ukuran throttle body tersebut diaplikasikan pada sepeda motor untuk keperluan Kejuaraan Nasional Balap Motor.
Bagian piston konstruksinya lebih kuat namun bobotnya lebih ringan 16% dari model sebelumnya, ditambahSCEM (Suzuki Composite Electrochemical Material)Â pada bagian dinding silinder mesin yang memastikan mesin All New Satria F150 kuat dan awet meski dipacu dalam kecepatan tinggi.
Supply udara bersih menuju ruang bakar mesin turut bertambah 24% lebih banyak dengan desain box air filter baru yang lebih besar.
Tetap mempertahankan konstruksioverbore dan rasio kompresi tinggi 11,5 sehingga sanggup menghasilkan tenaga paling besar di kelasnya yaitu 13.6 KW/10.000 RPM dan torsi 13.8 Nm/8.500 RPM.
Meski bertenaga besar dan banyak komponen balap yang diaplikasikan di All New Satria  F150, namun berkat kecanggihan teknologi elektronik yang disematkan sanggup memberikan efisiensi yang sangat tinggi dalam konsumsi bahan bakar.
Perubahan rantai dengan model seal memastikan pergerakan tenaga ke roda menjadi lebih halus dan lebih aman karena rantai terlindungi dari kotoran menempel.

Lebih detil sektor mesin (komentar di fb TRM):

Tensioner adjuster sepertinya menggunakan peer spiral  seperti suzuki smash bukan peer pita
Rantai keteng menggunakan DNA FXR sehingga suara menjadi halus, rantai kamrat kombinasi 343 yang membuat umurnya semakin panjang, terlihat pula cam lebih pendek
Piston hi-comp
lainnya silahkan dianalisa sendiri yah…..hehehe
SASIS KUAT DAN RINGAN:

Bentuk rangka baru menggunakan tipeTwin Spar Frame dengan konsentrasi bobot di bagian tengah menjadikan All New Satria F150 lebih ringan namun tetap kokoh serta sanggup meningkatkan kemudahan manuver dan lebih stabil dalam kecepatan tinggi.
Casting wheelyang lebih ringan dan ban tubeless yang sporty membuat handling All New Satria F150 terasa lebih ringan dan lincah ketika digunakan sehari-hari.
Dari sisi pengereman, All New Satria F150 sudah dibekalipetal disc brake performa tinggi pada kedua rodanya. Pengendara jadi lebih yakin dalam melakukan deselerasi dari kecepatan tinggi hingga posisi berhenti.
ELEKTRONIK BERTEKNOLOGI CANGGIH:

Instrumen speedometer menggunakan modelfull digital dengan berbagai fungsi indikator paling lengkap di kelasnya yaitu untuk Speed, RPM, Gear Position, FI Ready, Coolant Temperature, Twin Trip, Oil Change Interval dan penunjuk waktu/jam. Tampilannya pun mudah dilihat dan sangat informatif bagi pengendara.
Tombolelectric starter untuk menyalakan mesin sudah mengadopsi teknologi dari Big Bike Suzuki yaitu 1-Push Electric Starter yang berguna bagi pengendara karena hanya dengan satu sentuhan saja maka All New Satria F150 akan hidup dan siap digunakan, sehingga pengendara tidak perlu menahan tombol starter terus meneus hingga mesin hidup seperti electric starter  Inovasi tersebut tergolong baru dan pertama di kelas 150cc.
Pada bagian headlamp telah menggunakan teknologi full LED dengan cahaya yang lebih terang demi kenyamanan visibilitas pengendara dimalam hari.

Komentar