FUNGSI BAUT VARIASI

 mur baut variasi motor… Bagus sih, warna-warni. Kalo kita sesuaikan dengan kelir motornya, hal kecil seperti itu saja bisa menambah keindahan… Bisa mempercantik tampilan motor. Bagus kan Om?? Hanya dengan penambahan variasi seharga terjangkau saja sudah dapat memberikan nilai seni yang indah.
Tapi pertanyaannya, indah itu anak mana sih?? Anak siapa?? Istrinya siapa?? Wkwkwkwk…!!

Ngga gitu Om… Bukan indah yang itu…
Om Bro…!! Di dunia persilatan modifikasi, ubahan seperti apa pun sah-sah saja. Yang penting asal disesuaikan dengan keperluannya.

mur baut variasi motor
Ubahan ekstrim hanya boleh dilakukan untuk tujuan khusus, misale untuk ikut kompetisi, dan sebagainya. Sementara untuk motor harian, modifikasinya tidak boleh melanggar syarat legal pengoperasian motor di jalan umum. Misale membuang lampu, membuang spion, menggunakan ban cacing, dan sebagainya…

Nah, untuk sekedar menggunakan mur baut variasi motor, secara aturan jelas tidak melanggar. Motor tetap sah digunakan di jalan raya. Tapi pun begitu, kita tetap harus memperhatikan perihal keamanan dalam penggunaannya.

Betul Om… Sebelum menggunakan mur baut variasi motor, Om Bro harus tetap menyadari dan mempertahankan fungsi utama mur dan baut. Yaitu sebagai pengikat yang harus mengikat kuat komponen yang diikatnya… Untuk itu ulir / dratnya harus kuat. Materialnya harus baik. Dratnya tidak mudah rusak atau slek alias aus. Juga harus mudah dibongkar pasang.

Setelah itu barulah memilih model dan warna yang sesuai dengan motornya…

Dalam hal bahan material mur dan baut variasi, sejauh yang Mtb tahu ada tiga macam, yaitu besi/baja, alumunium, dan duralium/duralumin.

Besi / baja bagus secara kekuatan, namun rentan karat. Sementara alumunium bagus secara bobot (ringan), tapi tidak kuat dan mudah aus ulirnya.

Yang terbaik adalah duralium aka duralumin. Bahan ini ringan seperti alumunium, tapi kuat dan tidak mudah aus. (Mtb).

Komentar