FUNGSI KALTER

1 Sebagai  tempat bersirkulasinya udara didalam kalter mesin, seperti yang kita ketahui pada saat mesin hidup, piston didalam mesin akan bergerak naik turun antara Titik Mati Atas (TMA) dan Titik Mati Bawah (TMB) yang menyebabkan terjadinya kevakuman udara didalam ruang kalter. Ketika piston naik udara akan tersedot masuk dan saat piston turun udara akan tertiup tertekan keluar. Adanya lubang pernafasan akan memperlancar gerak piston ini.
2 Sebagai penyalur kompresi yang bocor, pada saat apa yakni pada saat seher berada di langkah kompresi bukan tidak mungkin ada udara yang telah bercampur bahan bakar melintas ke kalter yang melewati dinding silinder dan ring seher. Dan akan di keluarkan pada ketika seher bergerak turun dipompa ke kotak filter udara agar tidak mencemari lingkungan.
3 Sebagai pendingin mesin maksudnya adalah sebagai media pembawa udara panas mesin untuk disalurkan keluar melalui lubang pernafasan tersebut. Udara dingin dari luar tersedot masuk ke dalam mesin dan menggantikan udara panas.
Sebagai penghangat udara. Udara panas yang dikeluarkan dari lubang pernafasan akan dimasukkan ke dalam di kotak filter udara untuk membantu pemanasan udara yang masuk dalam karburato. Ini akan membantu menghangatkan udara yang ada yang akan terhisap ke ruang bakar sehingga akan mempermudah proses pembakaran.

Komentar