Mesin motor memiliki jenis mesin yang berbeda, dari jenis mesin yang berbeda juga menghasilkan tenaga yang berbeda. Mesin motor terbagi kedalam 2 golongan yaitu mesin 4 tak dan mesin 2 tak. Mesin merupakan penghasil tenaga pada suatu kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor. Mesin mempunyai komponen utama berupa silinder blok, silinder kop, dan karter (khusus motor 4 tak). Mesin 2 tak ini maksudnya adalah untuk memperoleh 1 x usaha, dibutuhkan 1 x putaran crankshaft dan 2 x gerakan piston (turun dan naik). Pada mesin 2 tak, konstruksi mesinnya cukup sederhana, hanya berupa piston, crankcase, katup masuk berupa membran, saluran bilas, dan saluran buang. Mesin 4 tak berarti untuk memperoleh 1 x usaha, dibutuhkan 2 x putaran poros engkol dan 4 x gerakan piston (turun-naik-turun-naik). Masing-masing komponen tersebut, terutama pada komponen pertama dan kedua masih dapat dirinci lagi menjadi beberapa sub-komponen. Masing-masing komponen tersebut di atas mempunyai fungsi tertentu, sesuai dengan cara kerja suatu motor (4 tak atau 2 tak). Jenis mesin motor 2 tak dan 4 tak memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing tergantung dari penggunaannya.
Mesin motor memiliki jenis mesin yang berbeda, dari jenis mesin yang berbeda juga menghasilkan tenaga yang berbeda. Mesin motor terbagi kedalam 2 golongan yaitu mesin 4 tak dan mesin 2 tak. Mesin merupakan penghasil tenaga pada suatu kendaraan bermotor, termasuk sepeda motor. Mesin mempunyai komponen utama berupa silinder blok, silinder kop, dan karter (khusus motor 4 tak). Mesin 2 tak ini maksudnya adalah untuk memperoleh 1 x usaha, dibutuhkan 1 x putaran crankshaft dan 2 x gerakan piston (turun dan naik). Pada mesin 2 tak, konstruksi mesinnya cukup sederhana, hanya berupa piston, crankcase, katup masuk berupa membran, saluran bilas, dan saluran buang. Mesin 4 tak berarti untuk memperoleh 1 x usaha, dibutuhkan 2 x putaran poros engkol dan 4 x gerakan piston (turun-naik-turun-naik). Masing-masing komponen tersebut, terutama pada komponen pertama dan kedua masih dapat dirinci lagi menjadi beberapa sub-komponen. Masing-masing komponen tersebut di atas mempunyai fungsi tertentu, sesuai dengan cara kerja suatu motor (4 tak atau 2 tak). Jenis mesin motor 2 tak dan 4 tak memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing tergantung dari penggunaannya.
Komentar
Posting Komentar