JENIS VELEK

1. Velg jari-jari (pelek besi)

Jenis velg sepeda motor yang pertama adalah pelek besi atau velg jari-jari. Disebut sebagai velg besi atau velg jari-jari karena terbuat dari logam besi dan pada bagian luarnya dilapisi crom agar tidak mudah berkarat. Jens velg jari-jari sudah jarang kita temukan pada speda motor keluaran terbaru, padahal velg jenis ini sudah terbukti akan kualitasnya. Velg besi ini biasanya digunakan pada roda dua tipe motocross, karena tebukti lebih aman pada jalanan yang berlubang sekalipun.

2. Velg alumunium


Jenis velg ini sangat terkenal dengan beratnya yang begitu ringan. Velg alumunium ini jauh lebih ringan jika dibandingkan dengan velg besi namun jangan salah, karena bahan dasarnya bukan dari besi, maka bisa dipastikan keawetannya karena anti karat. Jenis velg laumunium ini banyak dipakai pada motor road race atau drag race, karena bobotnya yang sangat ringan sehingga cocok sekali untuk meningkatkan top speed atau akselerasi.

3. Velg cast wheel (pelek cw)

Jenis velg yang terakhir adalah velg cast wheel atau pelek cw. Pelek cw ini juga dikenal dengan sebutan velg racing karena banyak dipakai pada jenis motor balap. Pelek cw ini juga terbukti lebih kuat dan cocok untuk dipakai semua jenis ban, jadi tidak heran jik velg racing ini banyak diburu karena kualitasnya. Selain kuat dan awet, jens velg yang satu ini juga sangat mudah dalam hal perawatannya.

Soal bobotnya, velg cw ini hampir sama beratnya dengan velg besi, tetapi ada velg cw yang lebih ringan yang biasanya menggunakan bahan logam magnesium. Harga velg cw ini juga dibandrol lebih murah dari pada velg besi atau velg alumunium.

Nah, itu dia tiga jenis velg sepeda motor yang biasa dipakai di Indonesia. Kira kira anda menggunakan jenis velg yang mana? Jangan lupa untuk memperhatikan keselamatan berkendara. Terima kasih telah menyempatkan waktu untuk membaca artikel ini.

Komentar